Rekomendasi Model Bisnis Untuk Startup

Model Bisnis – Model bisnis merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana organisasi akan bekerja dan menciptakan berbagai nilai mulai dari nilai ekonomi, sosial, dan nilai lainnya. Bagi sebuah perusahaan, model usaha merupakan aspek yang penting karena berkaitan dengan cara perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan untuk tetap bertahan dalam bisnis.

Rekomendasi Model Bisnis Untuk Startup
Rekomendasi Model Bisnis Untuk Startup

Contoh Model Bisnis untuk Startup

Menentukan model yang tepat merupakan hal penting ketika ingin mendirikan sebuah bisnis. Pemilihan model tersebut berkaitan erat dengan bagaimana perusahaan akan bekerja serta aspek-aspek penting lain seperti pemasaran, penjualan, manajemen bisnis, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh model bisnis yang bisa dipertimbangkan bagi perusahaan startup.

Market place

Market place merupakan sebuah model usaha dimana website memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis tersebut. Website tidak sekedar memfasilitasi pelanggan dalam hal transaksi keuangan tetapi juga membantu penjual untuk mempromosikan barang. Model bisnis ini tengah menjadi favorit perusahaan startup karena kemudahan yang ditawarkan.

Market place mempertemukan penjual dan pembeli dan kedua belah pihak bisa melakukan transaksi melalui website tersebut. Keuntungan market place adalah pembeli tidak perlu mendatangi tempat tertentu karena bisa mengakses website dari mana saja. Proses transaksi juga dilakukan melalui transfer sedangkan barang dikirim melalui agen pengiriman tertentu.

Ada beberapa contoh bisnis yang menggunakan model market place seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, OLX, dan berbagai toko online lainnya. Dengan berbagai kemudahan, tidak heran model bisnis ini menjadi favorit banyak orang.

Artikel terkait: Peluangnya E-Bisnis di Indonesia

On-demand

Model on-demand juga mulai marak diterapkan oleh perusahaan startup. Sesuai dengan namanya, model ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. On-demand cocok diterapkan di berbagai kota besar terutama lokasi yang mempunyai jaringan internet mumpuni bagi pelanggan dan penyedia.

Contoh bisnis yang menggunakan model on-demand adalah Gojek dan Grab. Kedua penyedia layanan tersebut sudah sangat terkenal dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Anda bisa menerapkan model bisnis serupa ketika mengembangkan bisnis startup.

Berlangganan

Salah satu model dalam dunia bisnis yang terbukti mampu menarik minat pelanggan adalah model berlangganan. Anda pasti sudah sangat familiar dengan beberapa aplikasi seperti Spotify, Netflix, atau Joox. Aplikasi tersebut menerapkan sistem berlangganan sehingga konsumen harus mendaftar sebagai pelanggan untuk menikmati fitur-fitur yang tersedia.

Model bisnis yang satu ini cukup efektif, apalagi jika konten yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Penyedia akan memberlakukan tarif berlangganan setiap bulan dalam bentuk paket. Konsumen tidak mempunyai pilihan lain kecuali mendaftar sebagai langganan jika ingin merasakan fitur yang disediakan.

Sayangnya model seperti ini mempunyai persaingan yang cukup ketat. Semakin banyak aplikasi serupa yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan. Selain itu, Anda juga harus mampu menyediakan konten yang benar-benar menarik sehingga konsumen tidak akan merasa rugi ketika harus membayar tarif langganan secara bulanan.

Artikel terkait: Tips dan Trik Membuat Proposal Usaha

Freemium

Model bisnis freemium sering digunakan oleh perusahaan startup. Dalam bisnis ini, perusahaan menyediakan layanan gratis kepada pengguna dengan fitur terbatas. Apabila pengguna ingin menikmati fitur secara maksimal, maka pengguna harus berlangganan premium dan membayar paket langganan.

Bisnis freemium mempunyai kendala tersendiri bagi penyedia layanan startup karena terkadang pelanggan sudah merasa puas dengan fitur yang ditawarkan pada mode gratis. Jika demikian, perusahaan tidak dapat mengambil keuntungan dari pelanggan karena ketidaktertarikan untuk beralih ke paket eksklusif yang mengharuskan pelanggan untuk membayar sejumlah uang.

Kategori Bisnis
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali