Pengertian dan Dasar Pembuatan Rencana Bisnis

Rencana Bisnis – Hampir mustahil bagi sebuah bisnis untuk dapat berjalan dengan baik tanpa adanya rencana bisnis. Biasa juga disebut sebagai business plan, komponen ini merupakan aspek penting dalam tahapan awal pembentukan sebuah bisnis. Dengan rencana tersebut, tujuan dapat ditentukan dan langkah-langkah perlu diambil untuk mencapai tujuan.

Pengertian dan Dasar Pembuatan Rencana Bisnis
Pengertian dan Dasar Pembuatan Rencana Bisnis

Pengertian Rencana Bisnis

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan rencana bisnis? Dalam dunia bisnis, business plan merupakan pernyataan formal yang berisi tujuan dari sebuah usaha serta langkah-langkah untuk mencapai tujuan. Meskipun terdengar sederhana, banyak pelaku usaha yang tidak mampu membuat business plan sehingga kehilangan arah ketika menjalankan bisnis.

Beberapa orang bahkan mempunyai pandangan bahwa rencana bisnis tidak diperlukan ketika menjalankan sebuah usaha. Benar adanya jika bisnis membutuhkan insting dalam mengambil keputusan. Namun, tanpa rencana bisnis yang tepat, pelaku usaha akan kesulitan untuk menentukan langkah karena tidak mempunyai tujuan yang pasti.

Lain halnya jika rencana usaha telah disusun secara matang. Perusahaan dapat menentukan arah kebijakan yang tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini juga berkaitan dengan pengelolaan finansial sehingga perusahaan bisa menjalankan bisnis dengan lebih efisien dibandingkan tanpa rencana yang baik.

Dasar Rencana Bisnis

Anda tidak dapat membuat rencana yang tepat tanpa mengetahui dasar-dasar yang harus dimiliki oleh sebuah rencana bisnis. Berikut ini berbagai dasar yang harus ditulis ketika membuat sebuah rencana usaha.

Ringkasan eksekutif

Dalam ringkasan tersebut, terdapat visi, misi, dan tujuan bisnis. Karena memuat pokok-pokok sebuah usaha, ringkasan eksekutif merupakan aspek penting dalam sebuah rencana usaha. Diperlukan trik khusus agar rencana bisa terkesan menjual.

Background perusahaan

Dalam perencanaan bisnis, latar belakang perusahaan perlu dijelaskan. Background perusahaan berisi tentang data perusahaan, pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis, struktur organisasi, konsultan pendamping, serta pemilik saham (jika ada). Berbagai informasi tersebut membuat perusahaan mengetahui dengan pasti latar belakangnya beserta dengan pihak-pihak terkait.

Artikel Terkait: Jenis-Jenis Media Pemasaran

Analisis pasar

Analisis pasar memuat strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan mengetahui strategi serta metode-metode pemasaran, diharapkan pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Analisis produk

Di dalam analisis produk, sistem operasi bisnis yang Anda jalankan akan dijelaskan secara rinci. Sebagai contoh, jika bisnis yang dijalankan merupakan jenis manufaktur, maka perlu dijabarkan mengenai proses produksi, distribusi produk, penerimaan pesanan, hingga penagihan. Pada bisnis jasa, maka perlu dijelaskan mengenai cara menyalurkan jasa tersebut kepada pelanggan.

Analisis SDM

Penjabaran mengenai orang-orang serta kompetensi yang dibutuhkan termuat dalam analisis SDM ini. jumlah orang yang dibutuhkan serta rencana pengembangan juga dijelaskan dalam analisis sumber daya manusia. Hal ini merupakan aspek yang penting karena berkaitan dengan orang-orang yang akan menjalankan bisnis.

Analisis keuangan

Keuangan juga merupakan aspek penting dalam rencana bisnis. Analisis keuangan memuat proyeksi pendapatan serta pengeluaran perusahaan, pengembalian modal, pengembalian investasi, serta perhitungan daya ungkit.

Artikel Terkait: Contoh Bisnis Menguntungkan

Rencana pengembangan

Rencana bisnis juga harus memuat rencana pengembangan. Hal ini menjadi bagian penting terutama bagi investor yang akan berinvestasi dalam bisnis yang Anda jalankan. Investor akan menentukan apakah bisnis Anda berpotensi untuk berkembang atau tidak.

Risiko usaha

Hal-hal yang berhubungan dengan risiko bisnis juga perlu dijabarkan. Dengan lebih mengetahui risiko tersebut, diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah-langkah potensial untuk meminimalisir risiko usaha. Memuat resiko usaha dalam rencana bisnis juga berkaitan dengan penentuan strategi perusahaan.

Kategori Bisnis
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali