Strategi Pemasaran, Kunci Penting Berbisnis Menguntungkan

Strategi Pemasaran – kali ini admin akan membahas tentang strategi pemasaran karena strategi pemasaran merupakan kunci penting bisnis yang menguntungkan, berikut pembahasannya.

Strategi Pemasaran, Kunci Penting Berbisnis Menguntungkan
Strategi Pemasaran, Kunci Penting Berbisnis Menguntungkan

Pengertian Strategi pemasaran

Strategi pemasaran adalah salah satu kunci penting dalam berbisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemasaran atau marketing merupakan jantung dari sebuah usaha. Dengan metode pemasaran yang tepat, produk bisa dikenal oleh khalayak ramai. Hal ini berimbas pada meningkatnya permintaan konsumen, terutama jika produk yang Anda jual mempunyai kelebihan dibanding produk serupa lainnya.

Artikel Terkait: Pengertian dan Dasar Pembuatan Rencana Bisnis

Strategi Pemasaran Adalah Jantung Bisnis

Mengingat bahwa pemasaran memegang kunci penting dalam jalannya sebuah bisnis, Anda perlu benar-benar memahami apa hakikat, fungsi dan tujuan strategi marketing. Menurut pengertiannya, strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk dengan menggunakan rencana tertentu agar penjualan meningkat sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Selain berupaya untuk mengenalkan produk berupa barang atau jasa pada calon konsumen, nilai ekonomi sebuah perusahaan juga ditentukan oleh strategi marketing, disamping produksi dan konsumsi. Pemasaran bertugas untuk menjadi penghubung antara dua faktor penentu harga lainnya, yaitu faktor produksi dan faktor konsumsi.
Lebih lanjut, terdapat empat fungsi yang dihadirkan oleh strategi pemasaran antara lain:

Koordinasi marketing

Setiap perusahaan mempunyai strategi yang berbeda untuk memasarkan produknya. Strategi pemasaran adalah kunci untuk menentukan dan mengatur arah perusahaan sehingga tujuan dapat tercapai. Biasanya dibentuk tim khusus untuk menjalankan strategi tersebut sehingga lebih efektif dan mempunyai kemungkinan berhasil yang lebih tinggi.

Meningkatkan motivasi

Fungsi lain Strategi pemasaran adalah untuk memotivasi pihak-pihak terkait seperti karyawan untuk dapat bekerja dengan lebih baik. Dengan strategi yang tepat, karyawan mampu melihat potensi dan peluang keberhasilan di masa depan. Hal ini berperan penting untuk menjaga kinerja perusahaan demi mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sejak awal.

Mengawasi pemasaran

Salah satu komponen penting dalam pembentukan strategi marketing adalah standar prestasi anggota yang terlibat. Dengan memiliki standar, perusahaan lebih mudah dalam mengawasi kinerja anggota untuk memasarkan produk-produk. Dengan demikian, kualitas dan mutu kerja bisa lebih terarah dan terkontrol.

Menentukan tujuan perusahaan

Setelah melakukan studi kelayakan bisnis, perusahaan perlu menentukan tujuan. Strategi marketing berfungsi untuk membantu perusahaan dalam merumuskan tujuan-tujuan secara detail. Tujuan tersebut meliputi tujuan jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang.

Strategi Pemasaran

Untuk memberi gambaran lebih jelas mengenai strategi marketing, Anda dapat menyimak beberapa contoh strategi yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk perusahaan.

Partnership

Salah satu Strategi pemasaran adalah partnership yang cukup banyak dilakukan oleh perusahaan, baik startup maupun yang telah berkembang. Partnership menawarkan beberapa keuntungan, seperti cocok digunakan untuk perusahaan startup yang belum memiliki modal mencukupi untuk melakukan pemasaran. Selain itu, strategi marketing melalui partnership mempunyai peluang yang lebih besar untuk berhasil.

Influencer

Influencer mempunyai peran yang sangat penting untuk memasarkan produk Anda. Influencer media sosial biasanya mempunyai banyak pengikut yang tertarik untuk menggunakan barang-barang yang digunakan oleh influencer tersebut. Anda dapat melihatnya sebagai peluang yang baik untuk meningkatkan penjualan produk.

Bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda terbukti efektif. Strategi pemasaran seperti ini telah banyak dipraktekkan oleh pelaku usaha. Terbukti, omset penjualan meningkat dengan drastic setelah dipromosikan oleh influencer media sosial. Tentukan influencer yang tepat agar hasil lebih maksimal.

Menjaga pelanggan

Selanjutnya, strategi pemasaran adalah dengan mempertahankan pelanggan setia. Penting bagi pelaku usaha untuk menjaga pelanggan lama yang setia menggunakan produk Anda. Berikan apresiasi berupa bonus-bonus kecil agar pelanggan tetap loyal pada produk yang Anda tawarkan. Strategi pemasaran ini cukup efektif karena konsumen setia terkadang memberikan testimoni secara sukarela.

Kategori Bisnis
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali