Pengertian dan Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis – Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda sebagai pelaku usaha harus mengetahui seluk beluk mengenai bisnis yang sedang dijalankan. Untuk mewujudkannya, diperlukan studi kelayakan bisnis demi menentukan apakah sebuah bisnis layak untuk dijalankan atau tidak. Oleh karena itu, terlebih dahulu Anda harus mengetahui pengertian serta tujuan dilakukannya studi tersebut.

Pengertian dan Tujuan Studi Kelayakan Bisnis
Pengertian dan Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Kelayakan bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk digali ketika Anda mendirikan sebuah usaha. Secara umum, studi kelayakan bisnis dapat didefinisikan sebagai kegiatan untuk mempelajari sebuah bisnis atau usaha secara mendalam. Studi tersebut dilakukan dalam rangka menentukan apakah usaha tersebut layak untuk dijalankan atau tidak.

Sementara menurut Umar H, studi kelayakan bisnis mempunyai pengertian sebagai penelitian mengenai rencana bisnis yang tidak hanya menganalisa kelayakannya tetapi juga berfungsi untuk mengontrol kegiatan operasional rutin demi mencapai tujuan secara maksimal. Dengan kata lain, studi ini memberikan gambaran mengenai bagaimana sebuah bisnis akan dijalankan.

Pendapat lain diutarakan oleh Husnan dan Muhammad. Menurut keduanya, studi mengenai kelayakan bisnis merupakan penelitian yang akan menjelaskan apakah sebuah proyek akan berhasil atau tidak. Penelitian tersebut biasa dilakukan pada proyek investasi.

Artikel Terkait: Komponen Penting Dalam Perencanaan Bisnis

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Menurut pengertiannya, tujuan melaksanakan penelitian mengenai kelayakan bisnis adalah untuk mengetahui apakah sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik atau tidak. Lebih dari itu, studi juga dilakukan agar pelaku usaha memahami resiko serta dapat menghindarinya. Berikut ini tujuan studi kelayakan bisnis menurut Kasmir.

Meminimalkan resiko kerugian

Ketika Anda melakukan studi mengenai kelayakan bisnis, dapat diartikan bahwa Anda sedang berusaha mengenali resiko yang akan dihadapi oleh bisnis tersebut. Dengan mengenali resiko, Anda dapat menempuh langkah-langkah strategis untuk meminimalkan resiko kerugian. Meskipun kondisi di masa depan cenderung sulit diprediksi, namun analisis tersebut berfungsi untuk mengurangi resiko.

Di samping itu, melakukan analisa kelayakan bisnis juga berperan penting dalam menentukan model bisnis. Anda dapat menganalisa model yang sesuai dan mempertimbangkan resiko yang dimiliki oleh masing-masing model berbisnis.

Mempermudah perencanaan

Dengan mengetahui seluk beluk mengenai bisnis, Anda dapat menyusun rencana dengan lebih matang. Proses perencanaan meliputi beberapa aspek seperti modal yang dibutuhkan, lokasi, cara pelaksanaan, hingga estimasi keuntungan yang bisa Anda peroleh. Dengan rencana yang baik, diharapkan bisnis dapat berjalan dengan lebih baik.

Memudahkan pelaksanaan

Rencana bisnis menentukan jalannya sebuah bisnis di masa yang akan datang. Dengan studi kelayakan bisnis dan rencana yang baik, pelaksanaan pekerjaan menjadi lebih mudah. Seluruh pihak yang terkait dengan bisnis akan mempunyai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah dimiliki. Dengan demikian, tujuan bisnis dapat tercapai dengan lebih mudah.

Mempermudah pengawasan

Menjalankan bisnis yang telah direncanakan dengan baik memudahkan proses pengawasan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang tengah menjalankan sebuah bisnis. Apabila pengawasan dapat dilakukan dengan baik, maka bisnis bisa berjalan sesuai dengan rencana sehingga tujuan dapat tercapai.

Memudahkan pengendalian

Mengendalikan jalannya bisnis bukanlah perkara mudah. Dengan studi kelayakan bisnis, Anda telah melakukan analisa mengenai bisnis tersebut sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengendalikannya. Di masa depan, jalannya usaha tidak akan jauh menyimpang dari rencana yang telah dibuat.

Apabila suatu saat muncul masalah dalam bisnis Anda, studi kelayakan bisnis yang tepat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini juga mempermudah untuk memperbaiki bisnis sehingga dapat dikembalikan ke rencana semula.

Kategori Bisnis